Langsung ke konten utama

Kebiasaan Unik Yakni Bersilaturahmi Dalam Kegiatan Halal Bi Halal


Dalam suasana Lebaran masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan unik yakni bersilaturahmi dalam kegiatan Halal Bi Halal.

Presiden Indonesian Gastronomy Association Indra Ketaren menilai kebiasaan tersebut merupakan contoh perpaduan budaya Hindu Budha dan Islam. Halal Bi Halal jyga membentuk corak tersendiri di dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Oleh para wali dan sunan, corak kebudayaan yang lama tidak dihilangkan dengan alasan agar masyarakat tidak terlalu kaget dengan perubahan. Dengan demikian, ajaran Islam dapat diterima dengan mudah dan tanpa ketakutan.

Kaum ulama menyadari bahwa masyarakat Indonesia bersifat plural, masyarakat yang beranekaragam dalam hal bahasa, budaya, dan suku-bangsa. Unsur-unsur tradisi masih melekat dapat dirasakan hingga sekarang, di antaranya tradisi acara Halal Bi Halal yang merupakan kekhasan sinkretisme dalam masyarakat Indonesia.

Indra menuturkan Halal Bi Halal secara harfiah berarti yang halal dengan yang halal atau yang boleh dengan yang boleh. Berarti pula saling melepaskan ikatan, atau saling mencairkan hubungan yang membeku sebelumnya.

Dengan kalimat lain, Halal Bi Halal dapat berarti acara saling maaf-memaafkan antar sesama umat Islam.

Di Indonesia tradisi ini biasanya dilaksanakan setelah bulan puasa pada bulan Ramadhan berakhir, yakni perayaan Idul Fitri pd tahun Hijriyah.

Bila di Arab dan negara-negara Timur-Tengah, budaya saling maaf-memaafkan antar umat Islam dilakukan ketika menjelang puasa bulan Ramadhan, di Indonesia tradisi maaf-memaafkan cenderung dilakukan setelah Ramadhan, berakhir, yakni pada perayaan Idul Fitri.

Perayaan saling memaafkan ini biasanya diformalkan menjadi acara saling mengunjungi antara saudara, kerabat, atau sahabat untuk saling meminta memaafkan."

Indra menambahkan bila ditelusuri, kebiasaan ini dilaksanakan sejak zaman kesultanan non-Arab yang memiliki budaya sendiri sebelum Islam datang. Jadilah, pengaruh budaya lokal  tersebut saling berdialektika dengan tradisi asli Islam yang mana tradisi itu kita lakukan hari ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semalt Expert On The Successful Blogger Outreach Strategies

Over the last couple of years, bloggers seem to have taken over the internet. From beginning their own websites as just a hobby to converting an online kernel into a multi-million dollar business, bloggers are generating waves in all online platforms. The reason for this trend is the fact that bloggers can benefit your business in a wide variety of ways. Whether you are intent on content marketing, or just looking to add a stream to your marketing plan, bloggers are the way to go.
Michael Brown, the Customer Success Manager of Semalt Digital Services, describes the most effective outreach strategies for your blog.

By generating valuable and informative content, with high quality links in place and linking up with bloggers, you will open up your business to strong search engine optimization and a wide range of business opportunities that you would otherwise not find.
Essentially, blogger outreach is the process by which you connect with bloggers so as to benefit your business. You may be …

Solusi Praktis Mencari Rumah dijual Di Banten yang Sesuai Kriteria

Seiring perkembangan jaman, teknologi juga mengalami perkembangan yang pesat, begitu pula dengan dunia properti di Indonesia. Menurut data, pada tahun 14 tahun belakangan ini, Indonesia mengalami peningkatan di sektor properti. Dibuktikan dengan banyaknya pembangunan properti di berbagai wilayah, khususnya daerah ibukota tak terkecuali di Banten. Peran agen dan pengembang atau developer merupakan salah satu faktor meningkatkan pertumbuhan properti di tanah air.
Kini, bisnis properti pun mulai dilirik oleh kalangan pengusaha untuk dijadikan bisnis jangka panjang yang menjanjikan. Tak salah memang kalau banyak yang mengatakan kalau bisnis properti cukup menggiurkan. Hal ini karena harga tanah dan bangunan, setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Sehingga, sangatlah tepat kalau properti dijadikan sebagai pilihan berinvestasi atau keuntungan lebih.
Anda bisa menjalankan bisnis rumah dijual Banten, mengingat letaknya yang dekat dengan Jakarta. Banten sendiri mempunyai fasilitas umum yan…

Krisna Oleh-oleh Khas Bali Pula Dewata

Berlibur ke Bali rasanya kurang jika tidak membawa oleh-oleh khas dari daerah yang dikenal dengan sebutan Pulai Dewata ini.
Salah satu tempat pusat oleh-oleh tersohor yang dapat dikunjungi yaitu Krisna Oleh-oleh Khas Bali. Di tempat ini, terdapat beragam jenis buah tangan yang dapat dibawa, mulai dari pakaian, termasuk yang khas yaitu kaos, kain, makanan, tas, aksesori, dan masih banyak yang lainnya.
Pantauan Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa Bali (LL-JJB) 2017, pada Senin (26/6/2017), pusat Oleh-oleh Krisna di Nusa Indah, Denpasar ini ramai dikunjungi turis domestik tetapi ada juga turis asing yang datang.
Biasanya ketika datang, pengunjung akan diberi stiker sebagai tanda oleh petugas. Adapun pada musim Libur Lebaran ketika pertengahan tahun ini dan bertepatan dengan liburan sekolah, pengunjung terbilang ramai.
Terdapat lima cabang dari Krisna Oleh-Oleh Khas Bali yaitu Krisna Nusa Indah yang berlokasi Jl. Nusa Indah No. 77 Denpasar Bali, Krisna Nusa Kambangan yang berlo…